loader image
6 Manfaat Daur Ulang Sampah

6 Manfaat Daur Ulang Sampah

Hingga saat ini pengelolaan sampah di Indonesia masih menjadi tantangan untuk masyarakat. Apalagi jumlah sampah yang dihasilkan dari hari per hari semakin banyak. Menurut data Indonesia menghasilkan sampah sebanyak 21,88 juta ton pada 2021. Dan sebagian sampah yang dihasilkan itu tidak mudah terurai, contohnya saja seperti plastik dan kaca.

Ketika kita membuang sampah secara sembarangan bukan hanya mengotori tanah tetapi dapat juga mencemari udara bahkan laut. Salah satu solusi yang bisa semua orang lakukan untuk mengurangi jumlah sampah adalah dengan melakukan daur ulang atau recycle.

Daur ulang sebenarnya menjadi bagian yang terpenting dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan melakukan daur ulang maka akan banyak ide baru dan inovatif. Sehingga nantinya akan jadi sesuatu yang bernilai tinggi dan bisa bermanfaat.

Ada banyak jenis sampah yang bisa anda daur ulang seperti plastik, botol bekas, bekas, kertas  bekas dan masih banyak lagi. Inilah beberapa manfaat dari kegiatan daur ulang sampah atau barang bekas

  1. Daur Ulang Dapat Menghasilkan Uang

Hanya dengan modal kreativitas dan barang bekas, Anda akan mendapat manfaat berupa finansial dari hasil daur ulang yang Anda lakukan. Kita semua dapat dengan mudah menemukan barang yang sudah tidak terpakai di rumah. Sehingga dapat didaur ulang dan pastinya menghasilkan uang. Beberapa barang tersebut seperti toples furniture, botol plastik, kaleng aluminium, pakaian bekas dan banyak lagi.

  1. Mencegah Timbulnya Penyakit di Sekitar Kita

Bayangkan jika Anda melihat tumpukan sampah di sekitar halaman rumah. Bukan hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tapi ternyata bisa menjadi sarang penyakit. Dengan melakukan kegiatan daur ulang tentunya tumpukan sampah itu akan bisa berkurang. Sehingga nantinya lingkungan akan bersih asri dan jauh dari penyakit.

  1. Mampu Menghemat Pengeluaran

Membeli barang baru tentunya harus mengeluarkan uang. Sehingga daur ulang sampah bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran Anda. Cukup sekedar mengeluarkan kreativitas, lalu sentuh ke barang-barang bekas yang ada di sekitar Anda. Maka barang bekas tersebut akan dapat digunakan kembali dengan versi yang lebih bagus dan menarik.

  1. Dapat Membangun Perekonomian yang Lebih Kuat

Jika kegiatan daur ulang ini dilakukan dalam skala besar, Anda dapat membuka lapangan pekerjaan. Sehingga hal tersebut akan memberi dampak yang signifikan terhadap perekonomian masyarakat. Dengan begitu, daur ulang menjadi pilihan sebagai salah satu cara hidup yang bisa membantu menghasilkan uang serta dapat melestarikan lingkungan.

  1. Dapat Menambah Pengetahuan dan Mengasah Kreativitas

Kegiatan daur ulang tentunya akan dapat mengasah kreativitas. Karena Anda akan terus berinovasi untuk menemukan ide-ide segar, baru, dan menarik yang nantinya akan dibuat menjadi produk dari sampah atau barang bekas. Anda dapat mencari ide-ide tersebut di internet, buku, majalah bahkan media lainnya.

Selain menambah kreativitas Anda juga dapat menambah pengetahuan terkait apa yang Anda buat. Misalnya Anda akan lebih tahu jenis sampah mana saja yang bisa jadikan produk  bermanfaat dan juga bernilai tinggi.

  1. Dapat Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Daur ulang ini dapat menghemat sumber daya yang tidak dapat digunakan kembali. Seperti air dan ruang TPA. Juga tentunya akan menghemat energi. Jadi daur ulang akan mengurangi emisi gas rumah kaca, menghemat energi serta dapat mengurangi polusi.

Itulah beberapa manfaat dari daur ulang sampah atau barang bekas. Tentunya sangat banyak manfaatnya seperti dalam segi aspek lingkungan, kesehatan bahkan perekonomian.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp