loader image
Daur Ulang Plastik Berpotensi Cuan

8 Jenis Sampah Yang Bisa Didaur Ulang Dan Berpotensi Cuan

Saat ini sampah menjadi masalah yang belum bisa terpecahkan. Karena, setiap tahun jumlah sampah di berbagai belahan dunia ini terus meningkat apalagi sampah plastik. Merujuk dari Databoks, setiap warga Indonesia menghasilkan sembilan kilogram sampah plastik sekali pakai.

Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan buangan sampah plastik sekali pakai perkapita terbesar keenam di Asia Tenggara pada 2019. Sedangkan dalam periode tersebut, Singapura menempati urutan pertama dengan buangan plastik sekali pakai yang mencapai 76 kg per kapita.

Namun, banyaknya aktivitas pemakaian sampah lebih banyak orang yang membuang tanpa memilahnya lagi. Padahal, bisa jadi ada sebagian sampah yang bisa didaur ulang. Bahkan dari proses daur ulang tersebut malah berpotensi menghasilkan uang.

Selain itu, kegiatan daur ulang memiliki beberapa manfaat seperti:

  1. Mengurangi kapasitas sampah
  2. Mampu melestarikan lingkungan dan membuat lingkungan bersih
  3. Mampu menghemat energi.

Dengan begitu tentunya kegiatan daur ulang ini sangat memiliki banyak manfaat sehingga kita harus tetap mengupayakan daur ulang. Lalu sampah apa saja yang bisa didaur ulang? Berikut merupakan contoh-contohnya.

  1. Bekas Wadah Minuman

Sampah wadah minuman ini tentu jumlahnya sangat tinggi, karena sering kali manusia membeli berbagai macam minuman kemasan tiap harinya. Sehingga Anda mampu mendaur ulangnya menjadi berbagai macam produk.

Selain wadah plastik, wadah minuman yang terbuat dari kaca bisa didaur ulang juga, lho. Jika Anda belum mampu mendaur ulang sampah secara pribadi, Anda juga bisa menyalurkanya pada komunitas daur ulang.

  1. Baterai

Baterai termasuk limbah yang berbahaya dan tidak layak dibuang ke sembarang tempat. Dengan begitu sebaiknya menyalurkan sampah pada tempat pembuangan limbah yang tepat.

  1. Elektronik

Bukan hanya baterai saja yang termasuk dalam limbah yang berbahaya, sampah elektronik seperti DVD, radio, televisi, komputer, dll. Jadi, jika ada tempat pembuangan sampah elektronik disekitar rumah Anda sebaiknya salurkan ke tempat tersebut.

  1. Kardus Telur

Kardus telur yang sering beredar ternyata bisa berguna lho. Maka, jika Anda menemukan kardus telur jangan langsung dibakar karena bisa menyebabkan polusi udara. Anda bisa memanfaatkannya pada ranah rumah tangga seperti menjadikannya media untuk menanam microgreen.

  1. Kain Belacu

Apakah dirumah Anda ada kain belacu bekas tepung terigu? Kalau ada, jangan buru-buru disingkirkan. Cukup dengan menambah sedikit kreativitas maka Anda akan mampu membuat eco bag yang tentunya sangat bernilai. Selain ramah lingkungan, eco bag juga dapat digunakan berkali-kali dan berfungsi untuk berbelanja.

Bukan hanya bisa dibuat eco bag, Anda juga bisa membuat kain belacu untuk tas kecil. Mini bag ini bisa digunakan sebagai wadah makanan untuk menggantikan kantung plastik. Bahan makanan yang bisa Anda simpan dalam minibag itu seperti kacang-kacangan, beras, pasta, dan lain-lain yang pastinya aman untuk lingkungan.

  1. Stoples Bekas

Stoples plastik sangat tidak terhitung jumlahnya, apalagi di hari-hari besar keagamaan, seringkali stoples itu didapatkan dari parsel-parsel kue kering. Dengan begitu Anda bisa membuat opsi dengan membuangnya atau menyimpannya. Tapi akan lebih baik, jika memanfaatkannya kembali sebagai wadah penyimpanan apapun itu.

  1. Kasur/Sofa

Jika Anda memiliki kasur/sofa yang sudah tidak dipakai dan ingin menggantikan nya dengan yang baru, sebaiknya salurkan ke tempat pengumpulan barang bekas.

  1. Kertas

Sampah kertas sangat banyak dihasilkan manusia, meskipun termasuk sampah organik kertas ini tetap bisa didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat seperti membuat bunga hias ataupun lainnya.

Itulah beberapa jenis sampah yang bisa didaur ulang. Maka dari itu jika ada sampah tersebut yang ada di sekitar Anda sebaiknya coba manfaatkan karena siapa tahu bisa menjadi sumber cuan.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp