loader image
Daur Ulang Sampah Plastik

Inilah Proses dan Cara Daur Ulang Sampah Plastik di Ranah Industri dan Rumah Tangga

Dalam kehidupan sehari-hari menggunakan plastik adalah hal yang masih umum di Indonesia. Meskipun ada dampak bahayanya yang bisa merusak ekosistem darat ataupun laut. Namun, saat ini banyak cara alternatif untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Dalam prosesnya, daur ulang plastik sangat kompleks karena semua jenis plastik bisa didaur ulang dan diproses menjadi plastik yang baru. Juga proses daur ulangnya pun bukan hanya bisa dilakukan di ranah industri, tapi juga bisa di skala rumah tangga.

Proses Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Biji Plastik di Ranah Industri

Selain sebagai upaya mengurangi limbah sampah. Potensi daur ulang sampah plastik di dunia industri memang menjadi salah satu cara untuk memunculkan nilai ekonomis.

Biasanya jenis sampah yang didaur ulang itu berupa sampah botol plastik dan gelas plastik, yang kemudian hasil dari prosesnya dinamakan biji plastik.

  1. Tahap Pengumpulan Sampah

Pada tahap ini proses pengumpulan sampah botol plastik, gelas plastik dan sebagainya yang biasanya diambil dari pemulung, limbah, atau dari warga setiap harinya.

  1. Tahap Penyortiran Sampah

Setelah sampah plastik terkumpul, selanjutnya lanjut ke proses pemisahan berdasarkan warna dan jenisnya. Biasanya plastik yang bening lebih tinggi harganya dibandingkan dengan plastik yang berwarna. Untuk pemisahan jenisnya itu seperti botol kemasan minuman dipisahkan dari labelnya dan tutupnya.

  1. Tahap Penggilingan

Selanjutnya, sampah yang telah disortir dimasukkan ke dalam mesin penggilingan untuk dicacahkan berbentuk ukuran kecil sekitar 2,5-3 cm atau yang biasa disebut biji plastik.

  1. Tahap Pencucian

Untuk menghasilkan plastik yang berkualitas tinggi, hasil dari penggilingan tadi kemudian dipisahkan dari kontaminan lemak, minyak, cat, lem, tinta, dan sebagainya. Dalam proses pencucian juga bisa dibantu dengan deterjen.

  1. Tahap Pengeringan

Tujuan dari proses penjemuran ini adalah agar proses penguapan airnya lebih cepat. Biji plastik tersebut kira-kira dikeringkan kurang lebih selama 7 hingga 8 jam.

  1. Tahap Pengepakan

Ketika sampah plastik sudah berwujud biji plastik, saatnya proses finishing untuk penempatan dalam wadah berdasarkan jenisnya.

Cara Daur Ulang Sampah Plastik di Skala Rumah Tangga

  1. Sebagai mana yang sudah diketahui kalau sampah plastik jadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan yang terparah di dunia. Berdasarkan data The National Plastic Action Partnership, Indonesia menghasilkan sekitar 4,8 juta ton sampah plastik yang tidak dikelola secara benar.

    Banyak sekali kekeliruan dalam pengelolaan sampah plastik misalnya membakar sampah plastik dengan asal maupun tempat pembuangan sampah yang dekat dengan saluran air atau laut.

    Hal tersebut tentunya sangat membahayakan lingkungan. Maka dari itu jika terpaksa menggunakan sampah plastik, mari coba mendaur ulangnya secara benar. Ada beberapa cara diantaranya :

    1. Mengirim ke Bank Sampah

    Setelah memakai barang yang berbahan plastik, jangan langsung buang. Anda bisa mengirim ke bank sampah untuk didaur ulang kembali disana.

    1. Menjadikan Botol Penyiram Tanaman

    Mode hemat agar tidak membeli semprotan tanaman adalah dengan memanfaatkan bekas botol plastik ini. Cukup diberikan lubang pada tutup botol, setelah itu diisi dengan air, setelah itu dapat digunakan untuk menyiram tanaman.

    1. Dipakai Menjadi Pot Bunga

    Cara yang bermanfaat lainnya adalah dengan menjadikan botol bekas sebagai pot bunga. Jangan lupa untuk lubangi bagian bawah plastik, ya.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp