loader image
Daur Ulang Styrofoam

Kerap Dianggap Membahayakan, Ternyata Sampah Styrofoam Bisa Didaur Ulang

Mungkin Anda sering melihat tumpukkan sampah, styrofoam jadi benda yang sering terlihat dan selalu ada. Karena banyak produk yang menggunakan dari bahan styrofoam ini dimulai dari kotak makanan hingga helm sepeda. Tak heran jika sampah styrofoam dianggap sebagai penyebab pencemaran lingkungan.

Styrofoam atau plastik busa merupakan keluarga plastik yang terbuat dari bahan polyester yang berasal dari biji plastik. Sifatnya itu sangat ringan, kaku, tembus cahaya dan murah tetapi cepat rapuh. Styrofoam mengandung zat kimia seperti benzene dan styrene yang dianggap berbahaya pada tubuh karena dapat menyebabkan kanker.

Namun, tidak semuanya begitu. Bahaya styrofoam itu sendiri berasal dari kontaminasi styrene ke dalam makanan Anda. Perpindahan zat ini tergantung dengan beberapa hal seperti : suhu makanan, lama kontak dengan makanan dan tingginya lemak makanan.

Walaupun begitu, WHO menyatakan bahwa styrene tidak akan menimbulkan bahaya pada kesehatan jika tidak melebihi 5000 ppm di dalam tubuh. Sementara kemasan makanan atau styrofoam yang sering dipakai untuk menyimpan makanan, hanya mengeluarkan styrene sebanyak sekitar 0,05 ppm.

Meskipun keberadaanya kerap kali dianggap berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan pencemaran lingkungan, namun ternyata sampah styrofoam bisa didaur ulang.

Cara Mendaur Ulang Sampah Styrofoam

  1. Temukan Tempat Pengumpulan Sampah Styrofoam

Jika tidak bisa mendaur ulang secara individu, salah satu cara untuk untuk mendaur ulang styrofoam adalah dengan cara mencari tahu tentang program daur ulang styrofoam. Misanya dengan menghubungi Alliance Of Foam Packaging Recyclers atau organisasi independen seperti Earth911.

  1. Tabung Sampah ke Styrofoam ke Bank Sampah

Jika di Amerika Selatan sudah disediakan tempat untuk pengumpulan sampah, di Indonesia juga saat ini sampah styrofoam dapat ditabung ke bank sampah. Misalnya di wilayah Mojokerto. Karena dirasa solusi penerimaan sampah anorganik stroyfoam di Bank Sampah Induk bisa menjadi alternatif mengajak masyarakat Mojokerto untuk lebih perduli lingkungan.

  1. Buat Program Sendiri

Jika mendaur ulang sampah styrofoam dirasa sulit dilakukan di wilayah Anda, bisa mendaur ulang sampahnya secara sendiri atau dengan komunitas.

Ide Kreatif Memanfaatkan Sampah Styrofoam Bekas

  1. Dekorasi Lampu Unik

Membuat dekorasi lampu dari bahan dasar kaca mungkin sudah biasa, nah kalau membuat dekorasi lampu unik dari bahan dasar styrofoam bisa jadi hal yang unik dan bernilai ekonomi tinggi.

Caranya bisa dengan menggunakan potongan gelas dari styrofoam bekas dan beberapa alat tambahan seperti lem, dapat dibuat sebuah dekorasi lampu yang cantik.

  1. Vas Bunga

Jika Anda mempunyai sisa gelas styrofoam, jangan dibuang terlebih dulu. Karena Anda bisa menjadikannya barang berguna seperti vas bunga yang unik.

Caranya cukup sederhana, dengan memanaskan gelas menggunakan panci dan air, gelas styrofoam pun dapat dibentuk dan digunakan kembali sebagai vas bunga yang unik.

  1. Souvenir Gelas Unik

Bagi yang hobi berkarya melalui lukisan, tentunya ini sangat cocok jika mengkreasikan lukisannya di gelas styrofoam yang biasanya bekas kopi atau minuman. Anda bisa menggunakan lukisan tangan ataupun lukisan template. Sehingga gelas itu bisa dijadikan sebagai souvenir yang unik yang bernilai ekonomis.

  1. Hiasan Bunga

Styrofoam bekas juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat bunga hias yang cantik lho. Caranya cukup membuat pola bunga dari styrofoam lalu merangkainya menggunakan kerangka lidi atau kawat. Mudah bukan?

  1. Pigura

Selain unik dan hemat, membuat pigura dari styrofoam juga bisa jadi cara yang kreatif. Anda bisa menambahkan ornamen dan warna yang unik sesuai selera.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp