loader image
Mengurangi Sampah Di Lingkungan Kantor

6 Cara Terbaik Mengurangi Sampah Di Lingkungan Kantor

Memilah sampah di lingkungan rumah itu merupakan hal yang penting. Selain itu memilah sampah di lingkungan kantor pun ternyata sangat penting. Menurut data Envirowise, sampah yang di hasilkan dari kantor sebenarnya bisa didaur ulang. Dengan begitu, sangat diperlukan koordinasi dan kekompakan pada karyawan dan juga bosnya agar selalu berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik, sterofom, ataupun kaleng.

Pemilahan sampah di kantor tentunya akan membawa manfaat baik dan kebiasaan baik bagi karyawan. Selain dapat mengurangi sampah yang harus berakhir begitu saja di lingkungan dan TPA juga dapat mencegah bercampurnya sampah yang berbahaya bagi tanah dan lapisan ozon.

  1. Membawa Tempat Makan Sendiri

Selain untuk menghemat dan sebagai kebiasaan sehat membawa tempat makan sendiri di lingkungan kantor juga akan membawa dampak baik sebagai sarana mengurangi penggunaan tempat makan instan yang biasanya banyak digunakan saat ini.

Selain itu tempat makan yang anda bawa itu tentunya bisa dibersihkan dan bisa digunakan besok atau lain hari juga bisa digunakan untuk membeli makanan yang Anda beli di sekitar kantor seperti bakso dan lain-lain.

  1. Membawa Tumbler

Selain membawa tempat makan sendiri Anda juga harus sepakat bersama karyawan lainnya untuk menggunakan tumbler sebagai wadah minum yang tentunya bisa digunakan berulang-ulang. Selain itu, kantor juga harus menyediakan air minum isi ulang. Dengan adanya komitmen tersebut maka karyawan akan mudah untuk mendapatkan minum sekaligus mengurangi sampah dari botol plastik.

  1. Kurangi Penggunaan Kertas

Lingkungan kantor diidentikkan dengan tumpukan kertas di mana-mana. Menurut Environmental protection agency rata-rata pekerja kantor menghasilkan sekitar 2 pon kertas dan produk karton setiap hari dan menggunakan 10.000 lembar kertas setiap tahun.

Mulai sekarang, dalam lingkungan kantor harus berkomitmen untuk menggunakan sedikit kertas. Misalnya dengan cara menggunakan kertas bolak-balik atau meningkatkan mutu kantor dengan menggunakan media internet dan penggunaan teknologi yang canggih.

Selain mengurangi penggunaan kertas, teknologi masa kini juga bisa mengamankan data-data pekerjaan dalam sistem berbeda dengan lembaran kertas yang mudah hilang dan rusak.

  1. Menggunakan Tote Bag Sebagai Pengganti Tas Plastik

Kebanyakan dari kita membawa dokumen peralatan kantor bahkan membeli makanan dengan menggunakan plastik. Demi mengurangi sampah di kantor, Anda bisa membeli tote bag atau kantor yang menyediakannya untuk karyawan. Tote bag tersebut nantinya akan digunakan untuk membawa dokumen membawa makanan hingga peralatan kantor.

  1. Memilah Sampah dengan Baik

Alangkah baiknya jika kantor menyediakan tempat sampah yang berbeda-beda untuk setiap jenis sampahnya. Bisa untuk jenis sampah organik ataupun sampah non-organik.

Untuk sampah organik bisa didaur ulang menjadi pupuk kompos yang nantinya bisa digunakan untuk memupuk tanaman hijau di sekitar kantor. Sedangkan untuk sampah plastik bisa didaur ulang kembali menjadi biji plastik.

  1. Kurangi Konsumsi Minuman Kemasan

Mengonsumsi minuman kemasan seperti kopi tanpa sadar dapat membuat pengeluaran Anda membengkak. Selain itu, membeli minuman kemasan diluar ternyata dapat menimbulkan sampah baru.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membuat minuman dari rumah dan membawanya pada tumbler atau jika tidak ada waktu untuk membuat minuman dari rumah, sesekali bisa membeli kopi dari luar dan ditempatkan pada tumbler yang Anda bawa.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sampah di lingkungan kantor. Sangat mudah bukan? Namun, jangan lupa untuk selalu koordinasi demi kekompakan dalam hal menciptakan lingkungan kantor yang bersih dan sehat.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp