loader image
Botol Minum Plastik

Ini Dia 7 Cara Menghilangkan Bau Pada Botol Minum Plastik yang Wajib Anda Coba

Bagi Anda yang memiliki sering membawa botol minum ke kantor, sekolah ataupun keluar rumah itu sangatlah bagus, karena mampu mengurangi sampah plastik. Apalagi ada beberapa jenis botol plastik yang terbuat dari proses daur ulang juga yang tentunya bisa lebih aman digunakan.

Namun, terkadang botol minum plastik baik yang baru ataupun yang lama sering kali mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sehingga dapat mengganggu penggunaanya, apalagi untuk sarana minum.

Penyebab bau pada botol terjadi karena botol tidak dibersihkan secara teratur sehingga akumulasi bakteri akan berbaur dengan sisa-sisa minuman yang telah lama hilang. Inilah yang dapat menyebabkan bau busuk pada botol minum.

Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa tips dan trik supaya botol minuman Anda tidak bau lagi:

  1. Mencuci Botol Minum Plastik Secara Sering

Inilah cara pertama yang ampuh untuk menghilangkan bau pada botol plastik. Anda harus mencuci botol plastik secara sering. Gunakanlah sabun cuci piring untuk mencucinya, lalu gunakan serbet untuk bagian dalam dan luar botol. Jika bagian dalam terlalu sempit, gunakanlah benda yang sekiranya mendukung untuk membersihkan kotoran didalamnya seperti sumplit, dll.

Atau isi botol dengan setengah air sabun lalu kocok botol dengan kuat-kuat, kalau kotorannya sudah mengering. Jika dirasa botol masih bau meskipun sudah dicuci, isilah dengan air putih dan sedikit cuka selama beberapa menit  bahkan semalaman. Setelah itu bilas dan keringkan.

  1. Diangin anginkan

Penyebab bau pada botol plastik adalah karena udara sering ditutup, sehingga menyebabkan kelembapan. Maka dari itu, angin-anginkan botol minum plastik di luar ruangan dengan kondisi tutupnya dilepas. Sehingga udara segar dan sinar matahari membantu menghilangkan kelembapan pada botol plastik.

  1. Gunakan Bubuk Kopi

Aroma bubuk kopi yang wangi ternyata dapat membantu menyerap segala macam bau, termasuk bau plastik. Caranya tempatkan bubuk kopi di dalam botol minum plastik, letakkan tutupnya di tengah (jangan ditutup sepenuhnya) agar udara masih bisa tetap masuk. Biarkan bubuk kopi itu mengendap beberapa waktu, hingga bau botolnya menghilang.

  1. Gunakan Kertas Koran

Jika ada kertas koran yang tidak terpakai, jangan dulu dibuang. Karena Anda bisa memanfaatkan ini untuk menghilangkan bau pada botol minum Anda. Caranya sangat mudah, cukup isi gumpalan kertas koran di dalam botol minum plastik. Pasang kembali tutupnya, dak diamkan selama sehari atau lebih.

  1. Gunakan Baking Soda

Baking soda juga ternyata bisa lho dijadikan sebagai pembersih peralatan dapur seperti botol minum. Karena baking soda dapat menyerap bau tidak sedap pada botol minum.

  1. Menggunakan Daun Teh

Daun teh bisa mengatasi bau pada botol minum plastik karena mempunyai wangi yang khas yang bisa jadi solusinya. Caranya cucilah botol minum menggunakan sabun, setelah itu taburkan bubuk teh secukupnya ke bagian dalam selama beberapa jam. Setelah itu bilaslah botol minum sampai bersih

  1. Garam Dan Es Batu

Selanjutnya ada cara ampuh lagi yaitu dengan menggunakan garam untuk menghilangkan bau pada botol plastik. Anda cukup mencucinya dengan sabun sambil dituangkan garam dan es batu kedalamanya, lalu gosoklah permukaan dan dalam botol minum.

  1. Perasan Air Lemon

Selain mengusir bau amis pada ikan, air perasan lemon juga mampu menghilangkan bau tak sedap pada botol. Caranya cukup mudah, Anda bisa masukkan tetesan perasan air lemon atau potongan jeruk ke dalam botol, kemudian tambahkan air dan diamkan selama beberapa waktu. Setelah itu bilas dan cuci botol minum itu seperti biasa.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp