loader image
Cara Mengolah Sampah Makeup

Bagaimana Cara Mengolah Sampah Make Up Agar Tidak Menimbulkan Sampah? Inilah 5 Caranya

Sebagian besar wanita pasti tidak lepas dari kosmetik, karena menurut beberapa orang hal itu wajib digunakan untuk sehari-hari. Bahkan mungkin ada beberapa dari Anda yang merasa aneh dan tidak nyaman kalau keluar rumah tanpa menggunakan kosmetik sedikit pun.

Ada juga kebiasaan perempuan yaitu selalu mencoba berbagai macam kosmetik yang berbeda-beda. Karena sebagian perempuan memilih kosmetik hingga beberapa kali itu bertujuan untuk mendapatkan jenis kosmetik yang sesuai. Baik itu dari segi tekstur, daya tahan, dan juga reaksi pada kulit wajah.

Nah, kecenderungan wanita dalam mencoba berbagai macam kosmetik, tak sadar akan menghasilkan semakin banyak sampah. Jika tidak bisa dikelola dengan baik maka akan menyebabkan sampah bekas wadah kosmetik tersebut bisa menumpuk dan menjadi masalah baru bagi lingkungan.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh kompas pada tahun 2015, diperkirakan 61% kemasan kosmetik dan produk perawatan kulit terbuat dari plastik. Sedangkan pada tahun 2019 presentase ini naik hingga 12%, tentunya dengan semakin banyaknya produk kosmetik yang diproduksi dan dibeli.

Tidak hanya itu, lebih dari 40% plastik yang kita gunakan sehari-hari berasal dari produk kemasan sekali pakai. Maka data menyebutkan hanya 14% dari plastik kemasan tersebut yang berhasil didaur ulang. Berdasarkan data Environmental protection agency kurang lebih 25% sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir adalah sampah kemasan.

Karena semakin banyaknya jumlah sampah plastik yang dihasilkan setiap harinya maka akan lebih baik jika kita mulai mengurangi penggunaan plastik, khususnya plastik sekali pakai.

Lalu apa saja cara-cara yang bisa dilakukan untuk para konsumen kosmetik dalam mengurangi jumlah konsumsi plastik yang ada? Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan demi mengurangi sampah kosmetik yang Anda gunakan.

  1. Gunakan Kembali Kosmetik yang Sudah Kadaluwarsa Sebagai Pembersih Perabotan

Jika Anda memiliki kosmetik yang banyak dan sudah kadaluarsa, pasti sebagian orang memilih untuk membuangnya dan tidak menggunakannya lagi karena tidak baik untuk kulit. Eits jangan sampai dibuang dulu ya karena menariknya barang-barang tersebut masih bisa digunakan untuk kebutuhan lain dan sangat berguna yaitu untuk membersihkan perabotan rumah atau barang-barang yang memiliki bahan kulit sintesis.

Kosmetik tersebut seperti lotion toner atau pembersih wajah karena selain bisa membersihkan wajah ternyata produk tersebut juga mampu membersihkan perabotan atau barang-barang berbahan dasar kulit menjadi lebih mengkilap.

  1. Gunakan Bekas Kosmetik Untuk Kegunaan Bahan Lain

Meskipun terkesan sepele namun menggunakan kemasan bekas kosmetik menjadi barang berguna lain adalah salah satu cara untuk mendaur ulang sampah plastik. Beberapa kemasan kosmetik yang bisa Anda gunakan kembali adalah botol parfum atau bedak.

Dari cara ini Anda bisa gunakan untuk membuat vas bunga, tempat pensil atau wadah untuk mengisi ulang parfum dan essential oil. Begitupun dengan tempat bedak, bisa Anda gunakan kembali untuk wadah jarum, aksesoris dan lain-lain.

  1. Menjual Kembali Kosmetik yang Tidak Cocok di Kulit Dengan Sistem Preloved

Jika Anda merupakan tipe orang yang suka mencoba kosmetik-kosmetik baru, tapi ada beberapa kosmetik yang mungkin tidak cocok untuk kulit Anda. Nah, daripada harus berakhir di atas meja rias dan sia-sia, lebih baik kosmetik tersebut dijual kembali kepada orang lain dengan harga yang lebih murah.

Atau jika Anda berminat untuk menjual kosmetik tersebut, Anda bisa menjualnya melalui aplikasi Carousel dan Prelo.

  1. Buang Pada Tempat Penampungan Sampah yang Tepat

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengolah sampah kosmetik tanpa ribet adalah dengan cara membuangnya ke tempat yang sesuai dengan jenis kemasan produk tersebut. Karena sekarang sudah banyak sekali aplikasi pembuangan sampah yang justru malah bisa menghasilkan uang.

  1. Mengembalikan Wadah Plastik Pada Toko Brandnya

Di zaman yang serba modern seperti saat ini jangan khawatir untuk mengembalikan wadah bekas plastik tersebut pada brand kosmetik. Karena ternyata sudah banyak brand-brand kosmetik atau skin care yang memiliki program daur ulang tersebut.  Seperti body shop, ini free dan Satya botanicles, Anda cukup mengembalikan wadah kosong ke store brand tersebut maka dengan begitu Anda ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan dari pencemaran sampah.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengolah sampah kosmetik yang pastinya mudah bukan? Selamat mencoba.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp