loader image
Plastik Ramah Lingkungan

Plastik Ramah Lingkungan

Kenali Yuk Beberapa Plastik yang Super Duper Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah diketahui penggunaan plastik sangat banyak ditemukan dimana-mana. Karena bahan yang satu ini sangat serba guna dan mudah dibuang di mana saja. Walaupun praktis dan serbaguna, plastik yang dibuang sembarangan tersebut tentunya dapat mencemari tanah, air bahkan udara.

Belum lagi sampah plastik tidak mudah terurai, karena membutuhkan waktu sekitar 500 tahun untuk mengurai plastik secara alami. Apalagi tindakan daur ulang plastik bukanlah hal yang mudah karena seringkali tidak berimbang dengan jumlah sampah yang diproduksi setiap harinya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus menggunakan alternatif lain seperti menggunakan plastik yang ramah lingkungan. Karena dengan adanya plastik ini akan lebih mendorong kegiatan ramah lingkungan.

Manfaat Kelebihan Plastik Ramah Lingkungan

  1. Dalam segi proses penguraian tidak memakan waktu terlalu lama seperti plastik pada umumnya
  2. Jenis plastik bioplastik ternyata dapat dipakai kembali menjadi kompos
  3. Jenis plastik eco dapat digunakan berkali-kali dalam waktu yang lama
  4. Plastik ramah lingkungan dapat menghasilkan karbondioksida
  5. Penggunaan plastik ramah lingkungan dapat mengurangi sampah plastik

 

Jenis-jenis Plastik Ramah Lingkungan

Ada berbagai macam jenis plastik ramah lingkungan yang bisa Anda manfaatkan diantaranya :

  1. Plastik Biodegradable

Plastik biodegradable merupakan jenis plastik yang mudah terurai, karena plastik ini terbuat dari petrokimia biasa yang diberi bahan tambahan (aditif), ditambah dengan adanya cahaya (fotodegrable) dan oksigen (oxydegrable) itulah yang menyebabkan plastik ini mengalami penguraian yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis plastik yang lainnya.

Meskipun terbilang plastik yang ramah lingkungan, namun plastik ini tidak bisa terurai di sungai atau laut, karena suhunya yang terlalu dingin. Sehingga plastik ini tetap membutuhkan paparan sinar matahari dalam proses penguraianya.

  1. Plastik Eco

Plastik eco merupakan jenis plastik ramah lingkungan yang bisa digunakan. Plastik eco terbuat dari proses daur ulang bahan-bahan plastik petrokimia yang bisa digunakan kembali. Meskipun begitu, plastik ini diproduksi menjadi produk yang memiliki kualitas lebih rendah. Plastik eco juga bisa digunakan berkali-kali dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Bioplastik

Bioplastik merupakan plastik kemasan yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami seperti bahan tepung jagung dan jamur yang dicampuri dengan bahan kimia lainnya. Sifatnya bisa terurai dengan cepat. Hasil dari produksi plastik ini diberi nama polylactic acid (PLA). PLA ini mirip dengan polythylene dan polypropylene yang merupakan jenis plastik petrokimia.

  1. Oxo-biodegrable

Plastik oxo-biodegrable adalah jenis plastik ramah lingkungan yang ditujukan agar bisa terurai di lingkungan terbuka atau permukaan laut. Plastik oxo-biodegrable ini mengandung zat penstabil sehingga dapat membuat plastik tahan lama bahkan hingga 18 bulan. Dan waktu penguraiannya menyesuaikan dengan suhu lingkungan seperti dingin, hangat, lembap dan lain sebagainya.

  1. Plastik Kompos

Plastik kompos merupakan plastik ramah lingkungan yang terakhir. Pengertian kompos sendiri adalah bahan-bahan organik yang sudah mengalami proses pelapukan karena terjadinya interaksi antar mikroorganisme atau bakteri pembusuk yang bekerja di dalam bahan organik tersebut.

Namun ada satu kekurangannya yaitu plastik kompos tidak bisa digunakan dalam jangka panjang. Meski begitu kelebihannya yaitu plastik kompos hanya bisa terurai secara alami di lingkungan pengomposan.

Itulah beberapa jenis plastik yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan plastik yang ramah lingkungan, tentunya anda sudah melakukan upaya dalam pelestarian lingkungan.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp