loader image
Mengenal Lebih Jauh Tentang Plastik LDPE

Mengenal Lebih Jauh Tentang Plastik LDPE

Dalam kehidupan sehari-hari pasti menggunakan kantong plastik adalah hal yang sudah lazim bahkan seolah tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Saking banyaknya, kerap kali menjadi sampah yang terbengkalai begitu saja.

Namun, tahukah Anda plastik itu termasuk dalam kategori plastik jenis apa? Ya, dari jenis LDPE. Maka dari itu kenalan lebih jauh yuk mengenai jenis plastik ini.

Apa Itu LDPE?

Jenis Plastik LDPE atau PE-LD (Low Density Polyethylene) merupakan plastik yang bisa diolah lewat pemanasan dan pendinginan. Plastik ini terbuat dari minyak bumi yang telah diproduksi sejak tahun 1933. Mempunyai ciri khas seperti relatif tipis, lentur, jernih, dan ringan.

Plastik LDPE ini juga mempunyai daya tahan cukup lama dan bisa digunakan hingga berulang kali. Namun sebenarnya akan lebih baik jika Anda hanya menggunakannya sekali saja. Setelah itu kamu bisa melakukan daur ulang supaya tidak tertimbun di tanah. Karena jenis plastik ini memerlukan waktu hingga ratusan tahun agar dapat terurai lho.

Ciri-Ciri Plastik LDPE (Low Density Polyethylene)

  1. Mempunyai Bahan yang Lentur dan Elastis

Struktur molekul LDPE lebih banyak dari plastik yang lebih keras seperti HDPE. Hal ini membuat LDPE relatif lentur, juga mudah dibentuk. Ketangguhan, fleksibilitas dan transparasinya membuat jenis plastik ini bagus diaplikasikan untuk pengemasan yang membutuhkan penyegelan panas atau berbagai jenis produk lainnya.

  1. Tahan Terhadap Senyawa Kimia (Low Density Polyethylene)

Hal yang mencirikan selanjutnya adalah LDPE ini tahan terhadap beragam senyawa kimia, terutama cairan asam konsentrat atau terlarut, alkohol, basa, aldehida, keton, minyak sayur, dan ester. Akan tetapi, beberapa senyawa seperti hidrokarbon aromatik, minyak mineral, serta agen oksidasi hanya bisa disimpan dalam jangka pendek di wadah LDPE.

  1. Mudah Untuk di Proses Lebih Lanjut

Karena bahannya yang mudah diproses untuk berbagai macam produk. Ini menjadikan LDPE menjadi salah satu bahan manufaktur yang paling dicari di dunia terutama di bidang industri. Biasanya dijadikan sebagai tempat makanan, perlengkapan laboratorium, peralatan rumah tangga, mainan, hingga bagian struktur kontruksi.

  1. Menerawang/Tembus Pandang

Jenis plastik LDPE ini cenderung tembus pandang, sehingga mudah untuk mendeteksi isi yang ada di dalamnya.

  1. Tahan Panas

Plastik kemasan akan terlihat mulus jika menggunakan teknik segel panas (heat sealing). Plastik LDPE adalah bahan yang cocok untuk pengemasan segel panas.

Kegunaan Plastik LDPE Dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Sebagai Pembungkus Plastik

Sebagai plastik yang lentur, LDPE ini sering digunakan sebagai tas belanja, plastik pembungkus, hingga plastik serbaguna seperti ziplock.

  1. Untuk Wadah Kemasan

LDPE bisa dimanfaatkan untuk dibuat berbagai macam kemasan, seperti bungkusan makanan kering, kemasan makanan ringan atau makanan berat, botol minuman serta saus, dan sebagainya.

  1. Untuk Peralatan Laboratorium

Karena sifat LDPE ini tahan terhadap senyawa kimia. Hal ini membuatnya populer sebagai wadah bahan kimia. Anda bisa menemukannya dalam bentuk jeriken, drum, ember, dan botol berbagai ukuran.

Daur Ulang Plastik LDPE

Sebagai plasik yang bercirikan dengan kode nomor 4, LDPE ini termasuk jenis plastik yang sulit diurai atau bisa membutuhkan waktu ratusan tahun.

Namun, meski demikian plastik LDPE masih bisa didaur ulang. Misalnya menjadi tas, tempat sampah, ubin lantai, hingga kerajinan tangan yang bisa bernilai ekonomi yang tinggi.

Contoh – Contoh Produk Hasil Daur Ulang Biji Plastik LDPE :

  1. Kantong plastik
  2. Botol plastik
  3. Bubble wrap
  4. Bungkus plastik sayur
  5. Tutup ompleng
  6. Tutup botol galon
  7. Plastik lembaran

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp