loader image

Makna Penting 7 Simbol Kode Segitiga Pada Kemasan Plastik

Penggunaan bahan plastik pasti tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Karena kebanyakan terbuat dari bahan plastik. Seperti kemasan makanan, kecantikan, vitamin, botol minum hingga gelas plastik.

Biasanya setiap botol plastik akan dicantumkan kode segitiga kecil di bawah. Simbol tersebut biasanya mempunyai kode tertentu. Namun apakah Anda tahu tentang makna simbol tersebut?

Simbol tersebut merupakan simbol daur ulang plastik. Namun, meskipun sudah tercantum simbol, bukan berati produk tersebut dapat didaur ulang.

Melansir dari Plastic Today, kode plastik itu disebut Resin Identification Code yang disetujui oleh International Organization For Standardization. Terdapat 7 simbol atau kode segitiga pada kemasan plastik.

Inilah penjelasan setiap simbol angka, dan huruf di plastik.

  1. Kode Angka 1 (PET/PETE)

Jenis plastik ini merupakan plastik yang paling umum digunakan oleh konsumen. Seperti botol plastik berwarna jernih/transparan/tembus pandang, wadah makanan ataupun lainnya.

Angka 1 dalam segitiga menunjukkan plastik tersebut berjenis politilen terefalat. Jenis ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai.

Karen kalau sering dipakai apalagi untuk menyimpan air panas, maka lapisan polimer pada botol akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Meskipun begitu plastik jenis ini dapat dengan mudah didaur ulang.

  1. Kode Angka 1 (HDPE/PE-HD)

Simbol yang tertera pada kemasan ini menggunakan high density polythylene. Jenis ini biasanya ditemukan dalam botol susu, botol shampo, wadah mentega dan yoghurt, botol oli motor, tas belanja, botol detergen, dll.

Plastik HDPE ini merupakan plastik yang sering didaur ulang dan dianggap sebagai salah satu plastik yang aman digunakan. Plastik HDPE juga termasuk plastik yang sangat tahan pakai dan dapat bertahan dibawah paparan sinar matahari. Meskipun aman digunakan, namun plastik ini dianjurkan untuk sekali pakai saja.

  1. Kode Angka 3 (V/PVC)

Jenis ini adalah jenis yang paling sering ditemukan pada pipa air, kabel listrik, mainan anak dan wrap. Jenis plastik ini mengandung polyvinyl chloride yang tergolong berbahaya dan dapat beresiko buruk pada kesehatan. Seperti ada kandungan DEHA (Diethlylhdroxylamine) yang jika dicampur dengan zat makanan. Maka akan berbahaya bagi kesehatan ginjal dan hati.

  1. Kode Angka 4 (LDPE)

Plastik ini paling sering diyemukan di tas belanja, botol, plastik makanan beku, dll. Jenis plastik ini terbilang aman dan dapat digunakan berkali-kali. Plastik ini terbilang lama dalam proses daur ulangnya, sehingga hindari membuang sampah jenis ini secara sembarangan karena dapat mencemari lingkungan.

  1. Kode Angka 5 (PP)

Angka 5 di dalam segitiga diartikan sebagai Polypropylene atau PP. Plastik jenis ini sering digunakan untuk botol yang transparan. Jenis PP ini juga merupakan pilihan terbaik untuk tempat makanan atau minuman.

  1. Kode Angka 6 (PS)

PS berati Polystyrene termasuk plastik yang murah, ringan dan mudah dibentuk untuk berbagai macam kegunaan. Jenis plastik ini sering digunakan untuk membuat gelas, piring Styrofoam, pembungkus makanan, sendok garpu plastik, dll.

Karena secara tekstur yang sangat ringan, sehingga polystrene mudah rusak. Dalam hal penggunaannya diusahakan bisa dihindari, karena berbahaya untuk kesehatan.

  1. Kode Angka 7 (PLA/O)

Yang terakhir ini dapat diartikan terbuat dari kombinasi berbagai macam bahan. Seperyi acrylic, nylom, polycarbonate dan polylactic acid. Pengaplikasiannya biasa terdapat pada botol minum bayi, pendingin air, compact disk, dan case telepon genggam.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp