loader image

Anda Pecinta Alam? Inilah 5 Cara Jitu Kurangi Sampah Plastik Saat Berkemah

Apakah Anda menyukai aktivitas berkemah serta berpetualang untuk menikmati indahnya alam?

Menyukai aktivitas ini sebenarnya sah-sah saja, apalagi setiap orang perlu beristirahat sejenak dari aktivitas kesehariannya dengan cara menikmati alam bebas yang bagi sebagian orang cara ini menjadi cara sederhana untuk beristirahat dari kejenuhan yang ada.

Meksipun berkemah memberikan dampak positif untuk waktu liburan Anda. Namun, ketahuilah masih banyak orang yang menjadikan momen ini sebagai ajang pencemaran lingkungan karena membuang sampah plastik sembarangan.

Banyak berita yang beredar menyatakan kalau yang mendominasi sampah plastik itu seperti bungkus mie instan dan botol minuman. Apalagi sampah plastik yang membutuhkan waktu sekitar 10-20 tahun untuk terurai. Sedangkan botol plastik membutuhkan waktu 450 tahun untuk terurai. Sungguh hal yang lama, bukan?

Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar momen berkemah ini tidak sampai merusak lingkungan diantaranya :

  1. List Barang Bawaan Yang Hendak Dibawa

Sebelum berangkat berkemah, membuat perencanaan daftar barang yang hendak dibawa sangatlah penting. Pastikan Anda membawa sesuatu yang tidak perlu dibuang.

  1. Membawa Bungkus Dari Kain Bukan Dari Plastik

Pilihan berikutnya adalah Anda bisa membawa barang-barang unik berkemah dengan bungkus kain atau tas berbahan parasut yang dapat tahan air dan dapat dipakai ulang. Hal ini tentunya bisa memperkecil penggunaan plastik.

  1. Membawa Alat Makan

Jangan lupa untuk menyediakan wadah non plastik seperti tempat makanan, tumbler, gelas, piring dan sendok yang dapat dicuci ulang. Hindari membungkus makanan dari plastik juga, ya.

  1. Membuat Lubang Sampah Organik

Sebenarnya tidak akan luput dari sampah, apalagi sampah organik yang notabenenya dihasilkan dari sisa-sisa makanan saat berkemah. Maka dari itu sebaiknya Anda membuat lubang organik sebagai tempat sampah. Setelah kemah selesai, sebaiknya kuburlah sampah organik tersebut agar lingkungan tetap bersih.

  1. Bawalah Makanan Yang Tahan Lama

Saat hendak berkemah, siapkan makanan yang tidak mudah basi supaya tidak cepat terbuang begitu saja. Contoh makanan yang tahan lama adalah telur. Anda bisa menggunakan opsi dengan cara merebus telur dengan begitu telur tidak akan awet bertahan selagi masih ada cangkangnya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan saat berkemah.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp