loader image
Jenis Plastik Yang Tergolong Bahaya

Kenali Beberapa  Jenis Plastik Yang Tergolong Bahaya Jika Digunakan Terus-Menerus

Dalam kehidupan sehari-hari pasti tidak terlepas dari penggunaan plastik karena ibarat sudah menjadi kebutuhan. Namun, harus tetap hati-hati karena tidak semua jenis plastik itu baik digunakan. Ada beberapa jenis plastik yang dapat menimbulkan bahaya untuk kesehatan sehingga nantinya akan memicu penyakit didalam tubuh kita, terutama kanker.

Maka dari itu, ketahui yuk jenis-jenis plastik dan bahayanya bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Plastik Polystyrene (PS)

Jenis plastik yang satu ini sering disebut dengan Styrofoam. Karena kemasannya yang ringan dan simpel, sehingga membuatnya banyak digunakan terutama untuk mengemas makanan siap saji untuk dibawa pulang. Plastik Styrofoam ini saat keadaan panas akan menimbulkan zat styrene yang dapat meracuni makanan.

Zat styrene ini bisa menimbulkan masalah pada kesehatan, diantaranya kerusakan otak, serta mengganggu pertumbuhan dan sistem syaraf. Selain itu terdapat juga kandungan benzene yang dapat menimbulkan kanker.

Plastik jenis ini terbilang kurang ramah lingkungan, jika terurai dengan sampah tidak akan terurai dengan tanah. Meskipun sampah ini bisa didaur ulang, tetapi bisa membutuhkan waktu yang lama.

  1. Plastik Polythylene Terephthalate (PET atau PETE)

Sangat sering ditemui kalau plastik ini biasanya digunakan untuk kemasan minuman, minyak goreng, sambal, dll. Entah yang berwarna bening ataupun tembus pandang. Sehingga plastik ini sulit dihindari karena penggunaanya dimana-mana sehingga sulit diminimalisir.

Plastik ini dinilai cukup aman dan tidak mengandung BPA tapi tetap saja kalau suhu panas dapat meracuni minuman dengan antimon dan metaloid yang terkandung di dalamnya.

  1. Plastik Low Densitas Polythylene (LDPE)

Plastik jenis LDPE ini sering digunakan sebagai kantong belanja, plastik kemasan, pembungkus makanan segar dan botol-botol yang lunak. Meksipun jenis plastik yang satu ini memiliki standar food grade yang baik. Namun,  jika digunakan sangat sering akan memicu zat bahaya lainnya, seperti zat estrogenik.

  1. Plastik High Destinity Polythylene (HDPE)

Bahan plastik ini merupakan bahan plastik yang mempunyai sifat bahan dasar yang keras dan merupakan salah satu bahan plastik yang aman digunakan. HDPE biasanya dipakai untuk botol susu, galon dan plastik belanja.

Namun pemakaian HDPE ini baiknya untuk sekali pakai saja karena mengandung senyawa antimonu trioksida yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada tubuh seperti iritasi kulit, gangguan pernapasan, menyebabkan keguguran.

  1. Plastik Polyvnyl Chloride (PVC atau V)

PVC biasanya digunakan dalam pembuatan botol detergen, botol sabun, botol shampo, pipa saluran, dan sebagainya.

Karena plastik ini mempunyai zat yang berbahaya seperti Diethlylhdroxylamine (DEHA) sehingga tidak diperuntukkan untuk menyimpan makanan karena akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal.

  1. Other

Ada 4 jenis plastik yang tegolong jenis Other, yakni:

  1. Styrene acrylonitrile (SAN)
  2. Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS)
  3. Polycarbonate (PC)
  4. Nylon

Plastik jenis SAN dan ABS adalah jenis plastik yang baik digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman karena punya perlindungan yang baik terhadap reaksi kimia.

Sementara, untuk jenis PC, sangat tidak dianjurkan untuk dipakai sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman karena mengandung Bisphenol-A.

Senyawa ini antara lain bisa merugikan kesehatan, seperti bisa merusak sistem hormon dan mengganggu sistem imun.

Sayangnya, PC hanya bisa digunakan pada pembuatan botol susu bayi, gelas anak balita (sippy cup) kaleng kemasan makanan dan minuman, serta kaleng susu formula.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp