loader image
Cara Memilih Botol Minum Plastik yang Aman dan Sehat

Hati-hati! Inilah Cara Memilih Botol Minum Plastik yang Aman dan Sehat

Membawa minum kemana-mana ibarat sudah menjadi kebutuhan banyak orang ketika beraktivitas di luar. Menurut National Health Service United Kingdom, setiap orang setidaknya diharuskan mengonsumsi enam hingga delapan gelas air setiap harinya, atau sekitar 1,2 hingga 1,5 liter air putih.

Apalagi saat ini botol minum plastik atau trendnya bernama tumbler sedang naik daun dan digemari oleh sebagian besar masyarakat. Selain karena untuk memudahkan dalam membawa minum, hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat uang dan mampu menjaga lingkungan. Karena botol plastik air mineral merupakan salah satu contoh nyata sebagai penyumbang sampah lingkungan. Sehingga kalau terus menerus dibiarkan, maka lingkungan akan semakin tercemar.

Meskipun penggunaan botol minum tumbler ini mempunyai banyak manfaat, namun ternyata tidak semua botol minum yang terjual di pasaran aman digunakan karena ada sebagian juga yang mengandung resiko pada kesehatan karena mengandung bahan kimia yang berbahaya. Maka dari itu mari mulai berhati-hati dalam memilih botol minum, cari tahu yuk tips dalam memilih botol minum yang aman untuk digunakan

  1. Mencari Tahu Bahan yang Digunakan

Terdapat banyak jenis bahan pembuatan botol minum yang unik. Ada yang terbuat dari bahan poliester, polikarbonat, poluetilena, polipropilena, besi (stainless steel), alumunium, atau kaca. Dari berbagai jenis bahan yang ada tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dari segi ketahanan yang paling lama, nahan stainless lah yang menjadi pemenangnya. Hal ini kareana terbuat dari bahan yang lebih kuat sehingga bisa tahan pada suhu panas dan dingin.

Meskipun terbilang sangat direkomendasikan karena kualitas dan ketahanannya.

Namun, penggunaan botol minum berbahan stainless bisa mengalami korosi, sehingga kandungan besi atau aluminium nya itu akan membuat rasa air menjadi aneh. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan, jadi kalau dirasa air sudah tidak enak sebaiknya botol jangan digunakan lagi ya.

  1. Cek Tanda Pada Botol Minum Plastik

Tentu tidak semua botol air minum berbahan plastik itu berbahaya. Namun ada beberapa jenis bahan plastik yang bisa digunakan berkali-kali. Sehingga Anda harus jeli memperhatikan tanda yang tertera di bawah botol yang berbentuk segitiga dan mempunyai 7 kode.

Di bawah segitiga, biasanya juga tercantum tulisan yang menjelaskan jenis plastik yang digunakan. Misal, produk plastik dengan angka 1 hanya bisa digunakan satu kali. Produk dengan angka 2 dan 4 bisa digunakan dua atau tiga kali.

Kalau botol dengan kode nomor 3, 6, dan 7 dinilai cukup berbahaya. Karena botol tersebut dapat beresiko tinggi mencemari air jika dikonsumsi.

Sedangkan kode nomor 5 dengan bahan polipropilena sangat direkomendasikan karena aman digunakan. Namun jenis botol ini memiliki harga yang cukup mahal.

  1. Pilih Botol Minum yang Bebas BPA

Bukan hanya harus memperhatikan kode dan tingkat keamanannya saja, saat memilih botol minum juga Anda wajib memperhatikan botol minum yang free BPA pada kemasan makanan atau minuman. BPA atau Bisphenol-A adalah bahan kimia yang sangat berbahaya meskipun bisa digunakan dalam kemasan makanan dan minuman.

Saking bahayanya jika digunakan secara terus menerus, bisa menyebabkan cacat lahir, gangguan otak, gangguan reproduksi, hingga kanker.

  1. Pilih Botol Berdasarkan Varian

Banyak sekali varian desain yang unik pada botol minum. Ini terlihat pada jenis tampilan dan cara meminumnya. Ada botol minum yang cara minumnya dengan menenggang langsung. Ada juga yang memiliki sedotan untuk memudahkan. Atau ada juga yang memiliki botol yang mempunyai kepala cangkir. Maka dari itu pilihlah jenis botol yang paling aman dan nyaman digunakan.

  1. Pilihlah Botol Sesuai Dengan Kegunaannya

Semakin kesini semakin banyak juga jenis botol tumblr yang beredar di pasaran. Sehingga Anda harus memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas Anda. Semisal botol minum untuk olahraga pasti berbeda dengan botol minum anak-anak atau botol multifungsi.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp