Analisa Harga Biji Plastik PP 2021

Analisa Harga Biji Plastik Polypropylene PP Selama Q1 – Q2 Tahun 2021

Polypropylene (PP) - 1 Dari 3 Jenis Plastik Yang Paling Dicari Industri!

Jika sebelumnya kita sudah pernah membahas apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tren positif biji plastik Polypropylene (PP), kali ini mari kita bahas analisa fluktuasi harga biji plastik PP mulai dari Januari hingga Juni 2021.

Pertama-tama, tahukah Anda bahwa komoditi plastik Polypropylene adalah salah satu unggulan yang paling dicari industri plastik? Selain PET dan PE, PP nyatanya diburu pelanggan karena manfaatnya yang multifungsi, mulai dari pembuatan kemasan makanan dan minuman, pembuatan alat perlengkapan medis seperti baju APD, face shield, botol disinfektan, dan serta hand sanitizer. Tidak lupa PP juga dapat digunakan sebagai bahan produksi barang manufaktur seperti gadget, mesin cuci, bahkan spare part industri otomotif.

Harga Biji Plastik PP Di Q1 2021 - Terjun Payung Hingga Meroket

Selama Januari hingga Maret harga biji plastik PP mengalami naik turun yang cukup drastis. Tanggal 26 Januari 2021, harga PP pernah terjun payung ke angka Rp9.910/kg. Penurunan ini disebut sebagai fluktuasi tercuram dibanding tahun-tahun sebelumya yang biasa ditandai dengan kurva yang melandai selama 3 minggu. Kali ini naik turun harga biji plastik malah terjadi dalam kurun waktu seminggu saja. Setelah penurunan drastis tadi, selang dua hari kemudian harga biji plastik PP kembali ke angka normal di kisaran Rp 19.497/kg. Berlanjut ke tanggal 16 Maret 2021 dimana PP justru meroket ke harga Rp27.560/kg. Ini adalah puncak tertinggi harga biji plastik PP selama Q1 2021.

Dikutip dari Kontan, fluktuasi harga biji plastik PP di awal tahun disebabkan oleh kelangkaan kontainer sehingga mengganggu aktivitas ekspor dan impor. Belum lagi, industri kemasan plastik Indonesia musti memenuhi permintaan 55% kebutuhan bahan baku dari luar negeri. Akibatnya industri lokal cukup ngos-ngosan memenuhi permintaan tersebut. Selain itu naiknya harga minyak dunia turut mempengaruhi harga biji plastik Indonesia.

Harga Biji Plastik PP Di Q2 2021 - Landai Cenderung Stabil

Berlanjut ke Q2 (April – Juni) 2021. Sekjen Asosiasi INAPLAS, Fajar Budiono mengatakan bahwa kenaikan harga bahan baku plastik biasanya terjadi pada bulan April karena kebanyakan industri petrokimia melakukan perawatan rutin bulan itu. Bahkan ada kemungkinan mereka berhenti produksi selama 2-6 minggu. Akibatnya, beberapa pasokan bahan baku plastik seperti PE dan PE mengalami kelangkaan.

Setelah kenaikan tertinggi pada bulan Maret sebelumnya, harga biji plastik PP sempat kembali stabil ke kisaran Rp20.000-an. Namun lagi-lagi, pengaruh harga minyak bumi, nilai tukar mata uang USD, serta campur tangan “pemain besar” yaitu Tiongkok dan Hong Kong, harga biji plastik PP sempat memuncak tanggal 7 April 2021 ke harga Rp25.750/kg. Beruntungnya dari momentum tersebut sampai dengan Juni, harga biji plastik PP kian melandai hingga sekarang (16 Juni 2021) berada di harga Rp19.730/kg.

Harga Termurah Biji Plastik PP Juni 2021

Surya Indo Utama menjual biji plastik daur ulang Polypropylene PP dengan berbagai jenis dan varian warna. Menjadi distributor resmi biji plastik sejak 1970, kami berkomitmen untuk selalu menjamin kualitas dan kebersihan, sehingga konsumen dapat menghasilkan produk premium yang berkualitas.

Berikut jenis dan varian warna PP yang tersedia:

  • PP Hitam Copolymer (12.500 / kg)
  • PP Putih Proses (16.500 / kg)
  • PP Hitam Glossy Proses
  • PP Bening Proses
  • PP Hijau
  • PP Merah
  • PP Orange
  • PP Biru Tua & Sky Blue
  • PP Cream
  • PP Coklat
  • PP Mountea
  • PP Grey
  • PP Bening Gelas
  • PP Melon

Hubungi Sekarang

Untuk konsultasi terkait produk dan harga

Untuk mengirimkan email permintaan produk

Untuk Anda, pemilik bisnis dengan pembelian partai besar