Harga Biji Plastik PET Daur Ulang

Paling Dicari Industri Plastik! Berapa Harga Biji Plastik Daur Ulang PET?

Jika kita hendak melakukan survey terkait biji plastik yang paling dicari di pasaran, maka data itu bisa kita dapatkan dari para pengumpul/pelestari sampah di wilayah terdekat kita. Sebelum maraknya gerakan daur ulang, para pelestari sampah aktif mencari limbah kertas dan kaca. Namun setelah pemerintah mendorong para industri untuk melakukan daur ulang kemasan plastik, para pelestari sampah kemudian beralih ke limbah plastik. Dalam artikel “Circular Economy” yang sudah dijelaskan sebelumnya, industri daur ulang biasanya bekerjasama dengan para pelestari sampah untuk membeli limbah plastik dalam jumlah dan harga tertentu. Adapun komoditi biji plastik yang paling dicari oleh industri adalah:

  1. Plastik PET (Polyethylene Terephalate)
  2. Plastik PE (Polyethylene)
  3. Plastik PP (Polypropylene)

Yuk cari tahu kenapa biji plastik PET sangat diburu industri daur ulang dan berapa kisaran harganya?

Incaran Industri Plastik! Ini Dia Keunggulan Plastik PET

Plastik PET dapat diolah menjadi produk yang unggul yang bernilai tinggi seperti geotekstil, dakron, kemasan galon, botol plastik, dan pakaian. Olahan PET bahkan menjadi salah satu sumber ekspor Indonesia.

Tahukah kamu bahwa harga jual biji plastik daur ulang PET terbilang tinggi? Ini disebabkan oleh terbatasnya pasokan bahan baku, padahal PET unggul dari segi kemudahaannya didaur ulang. Terlebih lagi, PET transparan (tidak berwarna) menjadi idola industri daur ulang karena fleksibilitas penggunaannya.

Salah satu contoh perusahaan yang mulai beralih menggunakan plastik PET untuk kemasan produknya adalah PT Coca-Cola Amatil Indonesia. Kemasan botol Sprite yang awalnya sangat ikonik berwarna hijau, kini bertransformasi menjadi botol bening. Walapun keduanya sama-sama berbahan dasar plastik PET, namun PET transparan lebih banyak dicari karena lebih mudah didaur ulang sehingga value-nya lebih tinggi.

Dikutip dari Triyono Prijosoesilo – Director of Public Affairs, Communication, and Sustainability, inisiatif perusahaan mengganti kemasan botol Sprite menjadi bening dilatar belakangi oleh visi global World Without Waste – dimana semua kemasan plastik sebisa mungkin didaur ulang demi menciptakan lingkungan yang bebas sampah plastik serta meningkatkan efektifitas ekonomi sirkular.

Harga Biji Plastik Daur Ulang PET

Harga limbah plastik PET yang transparan jauh lebih tinggi ketimbang plastik PET yang berwarna. Harga limbah plastik PET transparan dijual oleh pelestari sampah di kisaran harga Rp3.500 – Rp4.500 per kilogram. Sedangkan PET berwarna di kisaran harga Rp1.800 – Rp2.200. Saat sudah terproses menjadi partikel biji plastik, harga jualnya berada di kisaran Rp8.000 – Rp12.000.

Harga Biji Plastik Daur Ulang PET

Surya Indo Utama adalah supplier biji plastik daur ulang yang telah berdiri sejak 1970 dan telah mensuplai lebih dari 500 parbrik di seluruh Indonesia. Kami menyediakan biji plastik PET daur ulang dengan varian beragam dan harga kompetitif. Tersedia juga varian biji plastik daur ulang lain (crusher & pelletizer) dengan berbagai warna.

READY STOCK PET CRUSHER!!
*harga khusus Juni 2021

  • PET bening clear transparan crusher (Rp10.800 / kg)
  • PET light blue crusher (Rp9.500 / kg)
  • PET blue crusher (Rp8.500 / kg)

Hubungi Sekarang

Untuk konsultasi terkait produk dan harga

Untuk mengirimkan email permintaan produk

Untuk Anda, pemilik bisnis dengan pembelian partai besar