loader image
Kontainer Plastik Untuk Makanan

5 Ide Alternatif Kemasan Ramah Lingkungan Untuk Produk Bisnis Anda

Seperti yang kita ketahui kalau kemasan plastik seperti kantong kresek, botol plastik, gelas plastik dan barang lainnya merupakan benda yang sulit terurai. Bahkan jumlah permasalahan sampah pertahunnya pun terus meningkat. Maka dari itu sangat penting jika Anda merupakan seorang pebisnis untuk mulai menggunakan kemasan yang ramah lingkungan.

Meskipun masih banyak pebisnis yang merasa ragu untuk mengambil langkah ini, karena pertimbangan suatu biaya dan waktu. Padahal ada beberapa cara untuk menerapkan kemasan yang ramah lingkungan tetapi tetap bisa terjangkau.

Inilah beberapa jenis kemasan yang ramah lingkungan untuk produk bisnis online Anda:

  1. Cassava Bag

Cassava bag merupakan salah satu inovasi kemasan yang ramah lingkungan terbuat dari plastik berbahan dasar serat singkong. Memang wujud cassava bag ini sangat mirip dengan kantong plastik pada umumnya, tetapi ada sedikit perbedaan yaitu teksturnya yang lebih lembut dan halus.

Cassava bag ini terbuat dari resin alami yang terdiri dari 98% pati tapioka, 1% minyak nabati, dan 1% bio polimer alami yang bisa terurai dan dikonsumsi oleh mikroorganisme dalam tanah.

Tentunya dengan komposisi tersebut cassava bag akan mudah hancur. Apalagi jika dilarutkan dalam air bersuhu di atas 80 derajat celcius. Untuk proses penguraiannya membutuhkan waktu sekitar 180 hari.

Tentunya hal ini sangat berbeda dengan plastik pada umumnya yang memerlukan waktu lama untuk menguraikan sampahnya. Maka dari itu salah satu cara alternatif untuk memilih kemasan ramah lingkungan adalah dengan memanfaatkan Cassava bag untuk toko online anda.

  1. Kardus Box

Saat ini kardus menjadi kemasan ramah lingkungan bagi sebagian pembisnis khususnya bisnis rumahan. Kemasan kardus seperti box corrugated tentunya dapat didaur ulang atau dipakai kembali. Kemasan kardus ini dinilai lebih aman dan juga membuat kemasan menjadi natural dan estetik. Di antara yang sering menggunakan kardus ini sebagai kemasan bisnisnya yaitu seperti bisnis fashion, birthday gift, kue kering, makanan, kosmetik dan masih banyak lagi.

Selain itu karena sifatnya yang fleksibel dan dapat dibuat menjadi berbagai bentuk serta ukuran. Kardus ini juga dapat menyesuaikan dengan produk. Anda dapat menambah hal tambahan yang dibutuhkan untuk menjadikan kardus ini lebih menarik, seperti bisa menambahkan logo brand dan elemen-elemen lainnya pada kardus tersebut.

  1. Kertas Paper Bag

Anda juga bisa menggunakan kertas coklat untuk mengemas produk bisnis Anda. Karena kertas coklat ini merupakan kemasan yang ramah lingkungan. Anda bisa menggunakannya di beberapa produk seperti untuk kemasan roti, kemasan nasi bungkus kekinian atau produk fashion lainnya.

Meskipun jika di supermarket ini masih terbilang jarang digunakan karena dirasa lebih mudah rusak. Tapi sudah digunakan oleh beberapa restoran cepat saji seperti McDonald, KFC, Burger King dan lainnya untuk membungkus makanan.

  1. Kain

Kain atau pouch bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif yang bisa anda gunakan untuk membungkus produk Anda. Kain tersebut dapat digunakan untuk membungkus beberapa produk seperti pita, aksesoris botol minum ataupun lainnya. Untuk menarik customer Anda bisa menggunakan motif-motif kain yang menarik agar brand selalu mudah diingat oleh customer.

  1. Food Container

Untuk anda pembisnis makanan terutama melalui online Anda bisa menggunakan food kontainer ini sebagai alternatif kemasan yang ramah lingkungan meskipun sama saja terbuat dari plastik namun kontainer putih ini bisa digunakan berkali-kali juga bisa dicuci.

Sehingga selain mengamankan makanan sampai di tangan pelanggan kemasan ini juga dapat digunakan kembali untuk berbagai kebutuhan misalnya untuk menyimpan sayuran untuk wadah bekal dan lain-lain.

Ukurannya yang beragam dari mulai kecil hingga besar, juga berbagai bentuknya yang unik seperti kotak, bulat ataupun lainnya dapat menjadi pilihan Anda sebagai kemasan produk makanan yang Anda punya.

Itulah 5 jenis kemasan ramah lingkungan untuk produk bisnis yang bisa Anda pilih.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp