loader image
Mendaur Sampah Plastik Menjadi Biji Plastik

Serba Serbi Mendaur Ulang Sampah Plastik Menjadi Biji Plastik yang Perlu Anda Ketahui

Seiring berjalannya waktu banyak sekali inovasi dan cara pengelolaan sampah plastik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengolahnya menjadi biji plastik.

Mungkin belum banyak orang yang tau tentang biji plastik ini. Sesuai dengan pengertiannya biji plastik merupakan  bahan yang umumnya berupa butiran-butiran berwarna putih bening, yang merupakan bahan utama pembuatan produk-produk yang berbahan dasar plastik baik produk rumah tangga, produk elektronik, produk otomotif maupun produk yang lain.

Sesuai dengan banyak kasus yang sudah beredar bahwa sampah plastik sangat merusak lingkungan. Baik di daratan ataupun lautan.

Karena sampah plastik ini tidak mudah terurai begitu saja oleh alam. Sehingga banyak orang yang ingin mengatasi hal ini guna mengurangi sampah plastik. Sehingga mampu terciptanya lingkungan yang sehat dan bebas plastik.

Singapura Sukses Mendaur Ulang Sampah Plastik Dalam Waktu Yang Singkat

Salah satu contoh negara yang sudah berambisi untuk mengelola sampah adalah Singapura. Disana sudah bisa mengelola limbah sampah plastik dalam waktu beberapa jam saja, lho. Ada beberapa cara yang dilakukan mereka diantranya : mengumpulkan dan membakar seluruh sampah, menjadikannya sebagai sumber energi listrik dan membuang sisa pembakaran sampah plastik ke pulau buatan. Wah keren sekali, bukan?

Selain Untuk Pembersihan Lingkungan, Ternyata Biji Plastik Pun Mempunyai Peluang Bisnis Yang Tinggi Loh.

Semakin kesini kebutuhan tentang biji plastik semakin tinggi terutama untuk sektor industri. Apalagi bisnis pengelolaan sampah ini tidak kenal dengan batas waktu. Dalam segi proses biasanya plastik bekas seperti botol plastik, botol shampo, dan produk lainnya dikumpulkan untuk kemudian disortir berdasarkan jenis dan warnanya.

Setelah proses sortir, berbagai bahan plastik kemudian dihancurkan menggunakan mesin sehingga menjadikan hasil biji plastik. Untuk hasilnya biji plastik dibedakan sesuai dengan jenisnya, seperti Polyethylene Terephthalate atau PET untuk botol minum kemasan, biji HDPE untuk bitol shampoo, HIPS untuk PP untuk peralatan makan bayi, PS  atau yang lebih kita kenal dengan Styrofoam sebagai kemasan makanan sekali pakai.

Ternyata Pengelolaan Sampah Plastik Menjadi Biji Plastik Merupakan Peran Kecil Untuk Kontribusi Yang Besar

Dari usaha untuk mengurangi sampah plastik dengan mengelolanya menjadi biji plastik, ternyata itu merupakan peran yang sangat luar biasa. Karena dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi penggunaan sumber daya alam baru oleh industri plastik.

Selain itu, daur ulang plastik bekas dapat dijadikan ide bisnis yang menguntungkan, apalagi dari segi modal dan risiko yang minim namun mampu menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Berbisnis dari daur ulang plastik ini juga bisa dilakukan dirumah.

Selain menjadikannya ide bisnis, daur ulang plastik juga bisa anda kelola sendiri dirumah misalnya dengan cara menjualnya ke pengepul atau bank sampah yang ada di sekitar rumah Anda.

Jika Anda ingin mulai bisnis daur ulang plastik bekas menjadi biji plastik ada hal yang perlu diperhatikan :

  1. Menyiapkan modal yang cukup untuk membeli bahan baku seperti bahan baku plastik atau botol bekas
  2. Membeli mesin penghancur plastik untuk mensortirnya dan menjadikan biji plastik
  3. Perluas relasi untuk memaksimalkan bisnis biji plastik Anda
  4. Jika Anda memiliki lahan yang luas dan tepat untuk mendaur ulang plastik bekas, tentunya hal itu sangat membantu Anda untuk melancarkan bisnis Anda.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp