Peluang Bisnis Pabrik Daur Ulang Plastik Di Indonesia

Peluang Bisnis Pabrik Daur Ulang Plastik Di Indonesia

Urgensi Daur Ulang Plastik Di Indonesia

Tingginya konsumsi plastik sekali pakai di Indonesia menjadi salah satu faktor menggunungnya tumpukan limbah plastik yang mengancam kelestarian lingkungan. Beruntungnya, inovasi teknologi daur ulang plastik dapat menjadi solusi manajemen limbah plastik.

Konkretnya, apa saja sih manfaat daur ulang plastik untuk lingkungan kita? Memang pemusnahan sampah plastik tidak bisa pakai cara tradisional saja dengan dibakar?

Pertama, daur ulang punya fungsi penting untuk meminimalisir sistem landfill (penimbunan pada tanah) dan pembakaran, dimana keduanya bukan solusi efektif mengurangi limbah plastik karena dapat tetap mencemari lingkungan dan polusi udara. Pernah terpikir bagaimana kebakaran hutan dapat berdampak buruk bagi udara di sekitar? Yaa begitulah jadinya jika sampah plastik dibakar secara masif.

Kedua, melindungi kesehatan makhluk hidup dan alam. Tentu saja pengendalian sampah sangat penting untuk menjaga lingkungan. Dengan mendaur ulang, kebutuhan terhadap plastik baru akan berkurang sehingga tidak ada lagi tumpukan limbah plastik kedepannya. Tidak ada lagi berita tentang hewan laut yang mati karena menelan sampah plastik.

Ketiga, menghemat sumber daya dan energi. Proses daur ulang plastik tidak membutuhkan bahan baku baru, cukup mengolah limbah plastik untuk menjadi material baru. Sehingga dalam prosesnya tidak diperlukan begitu banyak energi dan sumber daya.

Catat Langkah-Langkah Awal Pembukaan Pabrik Daur Ulang Plastik

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan, daur ulang sampah plastik memberikan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Khususnya di Indonesia, dimana konsumsi kemasan dengan menggunakan bahan plastik tergolong cukup tinggi, sehingga tidak akan kesulitan sumber bahan baku.

Masih sedikitnya pelaku usaha pada industri ini, menjadi salah satu faktor tingginya peluang bisnis mengingat sumber bahan bakunya yang melimpah di Indonesia. Bisnis ini cocok dijadikan usaha skala rumahan karena modal yang tidak terlalu tinggi dan dapat dilakukan setiap saat tanpa hambatan waktu.

Untuk para pengusaha lokal yang hendak memulai langkah awal pembuatan pabrik daur lang plastik, perhatikan langkah berikut!.

  1. Siapkan lahan yang cukup, sebagai gudang penyimpanan plastik dan area penyortiran.
  2. Siapkan modal yang cukup untuk membeli mesin daur ulang dan membeli bahan baku limbah plastik dari para pelestari sampah (pemulung).
  3. Pelajari dan pahami metode daur ulang plastik yang tepat. Perluas koneksi bisnis untuk bekerjasama dan meningkatkan peluang bisnis.
  4. Rekrut karyawan sesuai kebutuhan. Seiring berkembangnya bisnis, akan dibutuhkan lebih banyak sumber daya manusia untuk melakukan pencucian, penyortiran, penggilingan, dan proses lainnya dalam industri bisnis ini.

Tahukah anda bahwa di Perancis ada sebuah pabrik daur ulang plastik dengan kapasitas pengolahan sebanyak 25.000/tahun. Pabrik ini dibangun atas inisiatif kerjasama antara Danone-Aqua dan Veolia. Di dalamnya tersedia teknologi modern untuk mengolah limbah kemasan PET yang berasal dari produk makanan/minuman menjadi PET daur ulang atau RPET. Pabrik daur ulang plastik ini juga diharapkan dapat mendukung target pemerintah Indonesia untuk mengurangi limbah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025. Tercatat bahwa Danone-Aqua sendiri telah berpartisipasi dalam regulasi daur ulang dari pemerintah sejak tahun 1993 dan kini mereka telah berhasil memproduksi kemasan botol plastik dengan bahan baku 100% RPET yang tentunya aman untuk kemasan konsumsi.

Corporate Communications Director dari Danone Indonesia, Arif Mujahidin mengatakan bahwa pihak perusahaan siap untuk bekerjasama dan bersinergi dengan para pengusaha daur ulang lokal untuk terus meningkatkan produksi daur ulang plastik serta memproduksi biji plastik PET daur ulang berkualitas tinggi.

Hubungi Sekarang

Untuk konsultasi terkait produk dan harga

Untuk mengirimkan email permintaan produk

Untuk Anda, pemilik bisnis dengan pembelian partai besar