loader image
Biji Plastik HDPE Surya Indo Utama

Mengenal Plastik HDPE (High Density Polyethylene), Si Plastik yang Paling Populer di Dunia

Pasti semua orang sudah tidak asing lagi dengan kantong plastik, plastik lembaran, wadah makanan, botol shampo, botol jus, dll. Semua itu terbuat dari jenis plastik yang bernama HDPE. Plastik ini merupakan jenis yang paling populer di dunia karena sifat penggunaanya yang sangat mudah ditemukan.

HDPE (High-density polyethylene) mempunyai logo daur ulang dengan angka 2 ditengahnya. Jenis HDPE ini adalah polimer termoplastik yang terbuat dari proses pemanasan minyak bumi. Sifatnya keras, tahan terhadap suhu tinggi, dan dapat dibentuk menjadi beragam benda tanpa kehilangan kekuatannya. Lapisan HDPE cenderung terlihat buram setelah diproses, dan dapat didaur ulang menjadi biji plastik.

Keunggulan Plastik HDPE yang Menjadi Ideal dalam Segi Industri

  1. Mudah di Bentuk

Meskipun terkenal kokoh dan kuat tapi ternyata teksturnya yang mudah mencair saat proses pelelehan atau yang biasa disebut HDPE injection dan molding. Sehingga jenis plastik HDPE ini termasuk jenis plastik yang mudah dibentuk.

Biasanya HDPE ini sering dijadikan produk rumah tangga, kotak makanan, pipa air, kotak pendingin, lemari, bahkan lembaran untuk konstruksi.

  1. Tahan Karat

Sifatnya yang tahan karat inilah yang menjadi salah satu keunggulan HDPE dibandingkan dengan yang lainnya. Plastik ini juga termasuk plastik yang mampu tahan terhadap efek cuaca seperti hujan, lembab dan juga panas.

  1. Memiliki Daya Tahan yang Kuat

Plastik jenis HDPE ini termasuk salah satu jenis plastik yang mudah untuk didaur ulang. Proses daur ulangnya seperti plastik harus melalui proses penyeleksian, pembersihan, homogenisasi, penghancuran, dan pelelehan.

Plastik leleh ini kemudian dibentuk menjadi serpihan atau yang biasa disebut dengan biji plasik. Yang kemudian nantinya digunakan kembali dalam proses manufaktur

Jenis-Jenis HDPE (High Density Polyethylene)

  1. Kantong HDPE Anti Panas (HD ATP) biasanya digunakan untuk kantong kemasan cairan panas, makanan ataupun minuman panas.
  2. Kantong HDPE (HD) biasanya digunakan untuk kantong aneka barang belanjaan sehari-hari.
  3. Kantong HDPE Roll (HD Roll) biasanya digunakan sebagai kantong untuk mengisi buah, sayur atau barang lainnya dan juga digunakan sebagai pembungkus kertas.
  4. HDPE Alas (HD Sheet) umumnya digunakan sebagai alas/pelapis dari wadah makanan hangat atau sebagai pembungkus makanan.

Meskipun populer digunakan bagi kehidupan sehari-hari, plastik HDPE ini disarankan hanya sekali penggunaan saja karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu. Senyawa ini dapat mengakibatkan iritasi kulit, menimbulkan gangguan pernapasan, gangguan siklus menstruasi dan menyebabkan keguguran.

Cara Jitu Mendaur Ulang Sampah HDPE

Cara paling mudah untuk daur ulang sampah itu bisa dimulai dari rumah. Misalnya memisahkan antara sampah basah dengan sampah kering. Kemudian pisahkan juga sisa produk kemasan multilayer dan HDPE.

Anda juga bisa mengikuti sebuah program Conscious Living, P&G bekerjasama dengan start up Octopus selaku operator pemilahan sampah. Layanan ini diciptakan guna mendukung proses pengelolaan sampah yang terintegrasi. Dengan cara yang mudah, yaitu cukup mengunduh aplikasi Octopus untuk memanggil para pelestari yang yang ditugaskan khusus mengambil sampah sachet multilayer dan HDPE.

Nantinya, mereka akan membawa sampah tersebut ke tempat pengolahan khusus sehingga tak lagi terbengkalai di lokasi sekitar rumah. Dengan begitu, akan terbentuk kerjasama dengan para pelestari juga dapat meningkatkan mutu hidup mereka. Sebab, sampah multilayer dan HDPE yang biasanya tak bernilai dari segi ekonomi kini dapat menambah pendapatan mereka.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp