loader image
Jenis-Jenis Plastik Pada Alat Elektronik

JENIS-JENIS PLASTIK PADA ALAT ELEKTRONIK DAN ALASAN PENGGUNAANNYA

Kehidupan manusia saat ini tidak bisa luput dari bagaimana alat elektronik terus berevolusi dan membantu kehidupan manusia secara lebih baik. Peralatan elektronik seperti laptop, tv, telepon genggam, menjadi komponen wajib dalam menjalani kehidupan manusia saat ini.

Maraknya alat elektronik dalam penggunaan sehari-hari muncul karena revolusi dalam peralatan teknologi. Di mana di antaranya penggunaan plastik menjadi hal yang umum dan mengubah bagaimana produksi barang-barang di sekitar kita. Mungkin anda membaca artikel ini melalui laptop anda, yang tentu saja berbahan dasar plastik. Atau mencari jalan tercepat menuju rumah anda, dengan melihat peta di layar telepon genggam anda. Yang tentu juga berbahan dasar plastik.

Ulasan kali ini akan menyoroti apa saja alasan plastik kian berguna bagi produksi alat elektronik. Di mana di antara alasannya, justru adalah hal yang bersifat kekurangan. SImak ulasan khusus berikut sampai habis.

Plastik Adalah Konduktor Panas Yang Buruk

Salah satu fakta yang tidak bisa dipungkiri adalah bagaimana plastik tidak dapat menghantarkan panas secara optimal. Jika plastik dihantarkan panas, hal yang kemungkinan terjadi adalah plastik tersebut terbakar atau meleleh. Walaupun kebanyakan plastik memang memiliki daya resistensi terhadap panas yang baik, sehingga digunakan untuk peralatan seperti microwave atau pemutar CD.

Durabilitas Dari Plastik

Hal yang kerap kali muncul dalam benak saat mendengar plastik adalah bagaimana bahan ini kerap kali digunakan untuk sekali pakai saja. Seperti contoh kantong belanja (kresek) dan pembungkus buah-buahan di pasar swalayan. Namun tidak semua jenis plastik hanya digunakan sekali pakai saja. Beberapa jenis plastik memiliki sifat dasar yang sangat kokoh dan tahan korosi sehingga penggunaannya dapat bertahan dari 15 hingga 20 tahun.

Kebebasan Dalam Berkreasi

Plastik pada dasarnya merupakan produk setengah matang. Di mana proses konversinya dari minyak bumi, hingga menjadi biji plastik sendiri belum berhenti sampai situ saja. Biji plastik akan dilelehkan kembali dan didesain sedemikian rupa agar memenuhi kebutuhan yang diincar. Maka dari itu, keberadaaan plastik pada alat elektronik mencakup bentuk dan ukuran yang kian beragam.

Jenis Plastik Yang Biasa Digunakan Pada Alat Elektronik

Bagi anda yang menjalani usaha di produksi alat elektronik, tentu akan mengalami sedikit kesulitan akan jenis plastik mana yang cocok bagi produk anda. Kami akan menyediakan sedikit pemaparan mengenai beberapa jenis plastik yang kian umum digunakan dalam produksi alat elektronik.

Yang pertama adalah plastik jenis ABS (acrylonitrile butadiene styrene). Plastik jenis ini merupakan salah satu produk yang memiliki karakteristik tahan banting dan tahan terhadap listrik (penghantaran panas). Plastik ABS juga memiliki karakteristik yang mudah untuk diberi pewarna, namun tidak serta merta transparan. Hal ini dikarenakan plastik jenis ABS secara material bersifat cukup padat. Walaupun memang penggunaan plastik ABS harus dicampur dengan plastik jenis lain.

Berikutnya ada plastik jenis PC (polycarbonate). Berbeda dengan plastik jenis ABS, plastik jenis PC memiliki sifat yang cukup transparan. Walaupun tidak menutup fakta pula bahwa PC adalah golongan plastik yang cukup kuat. Kekuatan PC sebagai plastik ditunjukan pada kekuatannya yang tahan terhadap cairan berbahan dasar minyak dan alkohol. Maka dari itu penggabungan antara plastik ABS dan PC akan berimbas baik pada daya tahan produk elektronik Anda.

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp