loader image
Harga Biji Plastik PC

Harga Plastik PC, Karakteristik, dan Perbedaan dari Plastik Yang Lain

Apa sih Plastik PC (Polycarbonate)?

PC (Polycarbonate) merupakan plastik paling umum yang merupakan kategori jenis plastik yang masuk ke kode plastik nomor 7. Polikarbonat ini secara alamiah memiliki sifat tembus pandang dan mempunyai berbagai warna, sehingga memiliki tingkat transmisi cahaya yang hampir sama dengan material kaca.

Plastik Polikarbonat ini sendiri tidak beracun, terutama untuk membuat botol bayi, cangkir ruang. Bahkan bisa untuk memproduksi material yang membutuhkan karakteristik tahan bentur dan transparan, seperti kaca anti peluru, lensa kacamata, peralatan medis, komponen otomotif, juga digital disk (CD, DVD, dan Blu-ray).

Karakteristik Plastik Polikarbonat

Plastik Polikarbonat yang fleksibel juga mudah dibentuk dengan cara dipanaskan dan dapat diaplikasikan dalam bentuk apa saja, bahkan karena sifatnya yang mudah mencair dapat memudahkan untuk metode injeksi dan didaur ulang.

  1. Polikarbonat memiliki tingkat kekuatan yang cukup tinggi sehingga dapat tahan bentur dan tahan pecah. Plastik polikarbonat memiliki densitas 1.2-1.22 g/cm³, dan dapat mempertahankan bentuknya sampai pada suhu 140°C
  2. PC merupakan plastik yang sangat bening sehingga dapat mentransmisikan 90% lebih cahaya lewat permukaannya.
  3. Polikarbonat jauh lebih ringan dibandingkan dengan material kaca. Hal tersebut membuat plastik ini memiliki nilai efisiensi yang tinggi karena dapat memudahkan proses instalasi dan mengurangi biaya distribusi.
  4. Ketahanan terhadap sinar
  5. Polikarbonat bisa dirancang sedemikian sehingga dapat tahan terhadap radiasi ultraviolet.
  6. Plastik PC memiliki sifat optik yang sangat baik dengan indeks bias mencapai 1.584.
  7. Plastik polikarbonat memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap zat asam, hidrokarbon alifatik, dan alkohol.
  8. Plastik PC cukup tahan panas, dan dapat stabil secara termal sampai pada suhu 135°C.

Polikarbonat VS Plastik Polietilena (PE) Sering Dianggap Sama? Inilah Perbedaannya.

  1. Segi berat

Dari segi berat material biasanya dipengaruhi oleh kepadatan dan dimensinya. Politilen dalam variasi low-density atau mempunyai kerapatan rendah yang pada umumnya memiliki kerapatan antara 0,95-0,91 sampai yang paling tinggi 0,835-0,86 gram percentimeter kubik. Sementara untuk Polikarbonat umumnya memiliki kerapatan 1,20 gram per sentimeter kubik.

  1. Segi Kandungan Kimia

Kualitas kimia bisa menjadi kualitas cukup penting dari bahan. Terlebih lagi ketika lingkungan lokal bisa menyebabkan korosi. Dan dalam hal ini bahan polietilen memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap cairan asam, alkohol, dan alkali. Tetapi memiliki resistensi yang buruk terhadap hidrokarbon.

Sementara itu polikarbonat dikenal memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap asam, alkohol, dan hidrokarbon alphimatic. Tetapi memiliki tingkat ketahanan yang cukup buruk terhadap alkali dan hidrokarbon terhalogenasi. Nah ini menandakan jika pilihan antara dua bahan plastik tadi dalam aplikasi tertentu, lingkungan kimia memiliki penentu yang sangat besar.

  1. Kekuatan Tarik

Kekuatan tarik bisa didefinisikan sebagai ukuran dari kemampuan merenggangkan bahan tanpa pecah atau sobek.  Polietilen umumnya memiliki kekuatan tarik antara 0,20 dan 0,40 Newton per milimeter persegi.

Sementara itu untuk polycarbonate sendiri dikenal memiliki kekuatan tarik antara 70 sampai dengan 80 Newton per milimeter persegi.

Fakta ini menandakan jika polycarbonate memiliki tingkat kekuatan lebih dari 200 kali dibanding polietilen. Hal ini juga sekaligus menjawab jika polycarbonate lebih cocok diaplikasikan dimana bahan yang tahan lama diperlukan.

Harga Biji Plastik PC

Berdiri sejak tahun 1970, Surya Indo Utama telah lama berdedikasi untuk menjamin kualitas dan kebersihan biji plastik yang anda butuhkan. Kami menyediakan berbagai varian biji plastik daur ulang premium dengan varian jenis dan warna sesuai kebutuhan anda. Kualitas produk anda adalah kepedulian utama kami.

Berikut jenis dan varian biji plastik PC yang tersedia di Surya Indo Utama hingga Februari 2022.

  1.  PC Riben Gilingan Rp. 17.000
  2. PC Bening Gilingan Rp. 38.500
  3. PC Bening Proses Rp. 26.500
  4. PC Hitam Gilingan Rp. 19.500

Hubungi Sekarang

Produk & Daftar Harga

Silahkan klik kotak hijau
Untuk mendapatkan daftar harga dan berkonsultasi terkait varian produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pemesanan Langsung

Silahkan klik kotak biru
Untuk melakukan pemesanan langsung jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pesan atau repeat order.



Tawarkan plastik Anda kepada kami

Silahkan klik kotak kuning
Untuk menawarkan limbah plastik Anda kepada kami, dengan menyertakan :
1. Nama Produk
2. Foto Produk
3. Harga per kg
saat menghubungi kami via chat WhatsApp