Biji Plastik PVC Dengan Segudang Manfaat

Biji Plastik PVC : Segudang Manfaat Dengan Harga Relatif Murah

Mungkin hal berikut akan menjadi fakta menarik yang kamu dengar hari ini: kartu ATM, pipa buangan air rumahmu, dan kantong untuk menyimpan darah semuanya memiliki bahan dasar yang sama. Polyvinyl Chloride atau biasa dikenal dengan biji plastik dengan kode “PVC” telah menyertai produksi beberapa peralatan manusia sejak 80 tahun lalu. Sifatnya yang kokoh, ringan, mudah dibentuk, membuat materi ini kerap kali dijadikan substitusi dari besi menjadi pipa-pipa di saluran air perumahan.

Namun terlepas dari sifat biji plastik PVC yang mudah digunakan, material ini sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan yang tersimpan di dalamnya. Juga bagaimanakah aplikasi dari produk-produk berbahan dasar PVC mengubah pola hidup manusia menjadi mudah di masa kini? Simak kelanjutannya di artikel ini!

 

Biji Plastik PVC : Kelebihan Dan Kekurangan

Meski menjadi salah satu produk plastik ke-3 yang paling banyak digunakan, biji plastik PVC (Polyvinyl Chloride) sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya yang bisa dijadikan konsiderasi dalam pemakaiannya. 

KELEBIHAN: Jika mengacu kepada kelebihan, kepadatan dari biji plastik PVC merupakan nilai jual yang tidak akan tergantikan. Di mana imbasnya PVC merupakan salah satu jenis plastik yang kuat dan tahan cuaca. Serta sifat dari material ini yang mampu menahan oksigen atau bahan kimia lainnya, sehingga proses oksidasi yang menyebabkan korosi atau pelapukan akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Selain itu, biji plastik PVC sendiri merupakan material yang sangat ringan. Pada aplikasinya sebagai pengganti material besi untuk pipa, keringanan ini tentu membawa kemudahan karena mempercepat instalasi pipa itu sendiri. Harganya yang relatif murah tentu akan membantu penghematan biaya produksi yang diperlukan pada berbagai barang.

KEKURANGAN: Namun tidak bisa dipungkiri, biji plastik PVC sendiri bukanlah material yang ramah lingkungan karena setidaknya dua hal ini. Pertama-tama sifatnya yang tidak tahan panas, menjadikan air yang dilalui pipa berbahan dasar ini akan mengalami pencemaran yang tentu berbahaya jika dikonsumsi, karena mengandung zat-zat seperti ftalat dan cadmium. Poin kedua, asap yang ditimbulkan jika terbakar akan berbahaya untuk pernafasan saat terhirup.

Berbagai Manfaat Produk Dari Bahan Biji Plastik PVC

Secara garis besar, biji plastik PVC Polyvinyl Chloride terbagi atas dua kategori utama yaitu biji plastik PVC yang fleksibel dan biji plastik PVC yang kaku (biasa disebut RPVC). Berdasarkan kategori ini, PVC dipilah kegunaan dan wujud aplikasinya. Biji plastik PVC yang fleksibel umumnya digunakan sebagai pembungkus untuk tembaga dari kabel, sifatnya yang lentur memudahkan instalasi atau pemasangan ini bagi keperluan di gedung-gedung atau produk elektronik. Selain itu, penggunaan PVC juga digunakan sebagai plastik penutup makanan (plastic wrap), dan beberapa kemasan untuk barang selain makanan.

Sementara itu, seperti pada ulasan sebelumnya, PVC yang bersifat kaku biasa digunakan untuk pipa sebagai substitusi semua yang berbahan besi. Namun apakah sampai di situ saja? PVC saat ini memiliki cakupan yang amat luas dalam pemanfaatannya di kehidupan sehari-hari, terutama di masa pandemik COVID-19.

Biji plastik PVC pada masa pandemik dimanfaatkan sebagai bahan dasar barang-barang di rumah sakit yang digunakan oleh tenaga-tenaga medis di seluruh dunia. Seperti contoh kacamata medis, face-shield, ataupun kantong infus dan kantong darah yang biasa beredar di rumah sakit. Sifatnya yang tak mampu dilewati oleh bahan kimia dan oksigen sangat meminimalisir kontaminasi dari virus atau bakteri yang berbahaya jika terkonsumsi manusia.

Distributor Resmi Produksi Biji Plastik PVC Dan Harga Di Pasaran

Faktanya, pangsa pasar plastik PVC telah banyak didominasi oleh raksasa produsen dari berbagai negara. Beberapa nama korporasi muncul ketika berbicara soal industri plastik PVC, seperti Formosa Plastics Corp dan Shin-Etsu Chemical yang berbasis di Taiwan, INEOS yang berbasis di Inggris, atau Orbia yang berbasis di Mexico. Mengapa dikatakan biji plastik PVC relatif murah? Karena nyatanya terhitung pada akhir Juli 2021 ini, biji plastik PVC dapat dibanderol dengan harga Rp7.500 per kilogram-nya.

Apakah anda saat ini mencari biji plastik PVC berkualitas? Surya Indo Utama solusinya!

Berdiri sejak tahun 1970, Surya Indonesia Utama telah lama berdedikasi untuk menjamin kualitas dan kebersihan biji plastik yang anda butuhkan. Kami menyediakan berbagai varian biji plastik daur ulang premium dengan varian jenis dan warna sesuai kebutuhan anda. Kualitas produk anda adalah kepedulian utama kami.

Berikut jenis dan varian warna biji plastik PVC yang tersedia di Surya Indo Utama:

  1. PVC Nilex Hitam (15.500/kg)
  2. PVC Nilex Bening (24.500/kg)
  3. PVC Standar Bening (15.000/kg)
  4. PVC Standar Putih (13.000/kg)
  5. PVC Standar Abu (8.000/kg)

Untuk konsultasi biji plastik daur ulang (recycle) silahkan hubungi :
📞 081997515858 (Whatsapp)
📌 www.siu-bijiplastik.com

Hubungi Sekarang

Untuk konsultasi terkait produk dan harga

Untuk mengirimkan email permintaan produk

Untuk Anda, pemilik bisnis dengan pembelian partai besar