5 Fakta Biji Plastik HIPS Daur Ulang

5 Fakta Biji Plastik HIPS – Daur Ulang, Kegunaan, Harga

Memilah biji plastik yang tepat untuk pembuatan produk Anda bisa saja membingungkan, terutama jika Anda baru terjun ke industri ini. SIU sebelumnya sudah membahas tentang apa saja karakteristik, keunggulan, dan metode daur ulang polimer berdasarkan jenisnya. Tidak semua biji plastik dapat didaur ulang dan tidak semua biji plastik memiliki fungsi sama.

Postingan kali ini akan membahas fakta-fakta biji plastik HIPS (High Impact Polystyrene). Jenis plastik satu ini sering kita temukan sebagai kemasan makanan dan minuman karena sifatnya yang kuat dan penghalang lembab. HIPS juga cukup ekonomis dan bisa didaur ulang loh! Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak 5 fakta biji plastik HIPS berikut.

1. HIPS Adalah Bentuk Modifikasi Dari Polystyrene

Plastik Polystyrene (PS) adalah bahan termoplastik transparan alami yang tersedia dalam berbagai bentuk. Bentuk paling dasar dari PS adalah General Purpose Polystyrene (GPPS) atau yang lebih dikenal juga dengan kristal PS. HIPS adalah perpaduan dua polimer polystyrene dan polybutadiene. Gabungan dua polimer tersebut menghasilkan plastik yang relatif murah dan kuat.

2. HIPS Memiliki Kekuatan Benturan Tinggi

Jika pembuatan sebuah produk hanya didasarkan pada Homopolimer PS, maka hasil akhir produk seringkali rapuh. Namun jika dikombinasikan dengan biji plastik jenis lain seperti HI (High Impact) maka produk akan lebih tahan benturan. HIPS diproduksi dengan mencampurkan sekitar 5-10% karet atau kapolimer butadiene. Bahan tersebut dapat meningkatkan ketangguhan dan kekuatan benturan polimer serta menghasil produk yang sangat kaku juga ideal untuk aplikasi pengemasan. Produk berbahan HIPS yang sering kita temukan diantaranya; kemasan makanan minuman, peralatan medis, botol-botol kosmetik, peralatan industri, dsb.

3. HIPS Cocok Untuk Kemasan Makanan

Jenis biji plastik HIPS telah disetujui oleh FDA(Food and Drugs Administration) sebagai bahan yang kompatibel untuk pembuatan kemasan makanan. Sifat kaku dari bahan ini membuatnya ideal untuk aplikasi pengemasan makanan seperti nampan kue, roti, mentega / margarin, dll. Meskipun kemampuan transmisi uap air tidak sebaik polimer yang lainnya, HIPS tetap memiliki sifat penghalang kelembapan yang melekat dan membuat bahan ini cocok untuk produk dengan masa simpan yang pendek. Perlu dicatat bahwa biji plastik HIPS hanya dapat bertahan dengan suhu panas rendah dan tidak disarankan untuk aplikasi kemasan yang akan terpapar panas tinggi, sekitar 185

4. HIPS Aman Untuk Metode Pencetakan

HIPS dapat difungsikan juga dalam berbagai metode pencetakan termasuk sablon, lotigrafi offset, dan fleksografi. Filamen HIPS dapat digunakan untuk mencetak dengan kondisi terbaik di kisaran suhu 230 – 240 ℃. Dalam proses pencetakan, HIPS juga cocok dipadankan dengan ABS karena suhu pencetakan dan struktur keduanya hampir identik.

5. HIPS Bisa Didaur Ulang

Biji plastik HIPS 100% dapat didaur ulang. Anda bisa melihat tanda daur ulang pada kemasan dengan logo resin #6. Sayangnya, walaupun HIPS dan bentuk PS lainnya dapat didaur ulang, tidak semua pusat daur ulang menerima bahan ini. Pengolahan limbah daur ulang HIPS harus di lakukan dengan extra hati-hati karena bahan HIPS dapat dengan mudah tercampur bahan lain. Pengolahan harus di lakukan dengan teliti dan pemisahan yang tepat guna menghasilkan bahan daur ulang plastik HIPS yang berkualitas.

Jual Biji Plastik HI, Harga Mulai Dari 11.500*

Surya Indo Utama menjual biji plastik daur ulang HI (proses dan gilingan) dengan berbagai varian warna. Berpengalaman di bidang daur ulang plastik selama lebih dari 50 tahun, SIU berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas bahan daur ulang plastik yang terbaik. Semua bahan baku biji plastik yang diperjual belikan telah melalui lolos dari proses Quality Control.

Berikut jenis dan varian warna biji plastik HI yang tersedia:

  • HI Sheet Putih Crusher
  • HI PK / Putih Crusher
  • HIPS Hitam Proses
  • HIPS Hitam Crusher
  • HIPS Natural Crusher
  • HIPS PK Crusher
  • HIPS Coklat Crusher
  • HIPS Warna Crusher
  • HIPS Ivory Crusher